loading...

Beberapa Kesamaan Obamacare dan BPJS

loading...

Daymail - BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang berlaku sekarang ini mulai mendapat respon positif dari masyarakat. Bagaimana tidak, hanya dengan membayar Rp. 25.500 (kelas III)  kita sudah mendapatkan asuransi kesehatan yang komplit dari hulu ke hilir, dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Kita bisa memperoleh fasilitas kesehatan yang berjenjang dari layanan kesehatan primer sampai layanan rujukan di rumah sakit.

Jika dilihat dari aspek ekonomi, tentu sangat menguntungkan bagi masyarakat. Dengan dana sebesar itu, jika harus membayar biaya berobat ke rumah sakit, (maaf) mungkin hanya bisa untuk membayar biaya registrasi atau pendaftaran, belum termasuk biaya obat, tindakan dan lain-lain. Disinilah peranan BPJS, dengan sistem subsidi silang antara yang sehat dan sakit plus bantuan subsidi pemerintah untuk yang iuran/preminya dibayarkan pemerintah mampu mengelola dana tersebut untuk mengcover seluruh biaya kesehatan bagi yang sakit.

Obamacare juga demikian halnya. Obamacare mengcover seluruh aspek kesehatan masyarakat bahkan sampai kepada aspek preventif. Misalnya, restoran diwajibkan untuk mencantumkan jumlah kalori pada tiap menu makannya.

Selain hal diatas, kesamaan lainnya yaitu sama-sama mulai berlaku efektif pada 1 Januari 2014. Namun, yang menjadi nilai lebih bagi BPJS di Indonesia jika dibandingkan dengan Obamacare adalah jumlah kepesertaan. BPJS di Indonesia diharapkan mampu mengcover seluruh penduduk Indonesia yang jumlahnya sekitar 250 juta jiwa. Sedangkan Obamacare cukup realistis dengan hanya fokus di angka sekitar 30 juta jiwa. Kita harapkan program ini sukses meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia dimasa mendatang.
loading...

0 Response to "Beberapa Kesamaan Obamacare dan BPJS"

Post a Comment

CaraMengatasi.net adalah blog yang memebahas Ragam Kehidupan dan Inspirasi, Disini Anda bebas bertanya maupun mengutarakan ide, gagasan, opini secara bebas yang tentu tidak termasuk dalam koridor Sara. Dilarang keras titip Link / URL hidup maupun berupa tulisan atau mempromosikan produknya.