loading...

Demam Hari Ketiga Bukan Tifes

loading...

Daymail - Perkara demam memang sudah tidak lazim kita dengar. Bahkan banyak dari kita yang pernah merasakannya. Apabila terjadi pada orang dewasa kadang tidak jadi soal ketimbang terjadi pada anak atau bayi yang membuat orang tua sangat khawatir.

Nah, pada ulasan kali ini saya akan sedikit mengupas tentang sekelumit cerita demam yang masih sering terjadi mis-informasi disekitar kita. Berikut beberapa ulasan saya :

1. Demam sering dikonotasikan dengan tifes. Padahal itu dua hal yang berbeda. Demam merupakan gejala yang bisa timbul pada banyak penyakit. Sedangkan tifes merujuk pada penyakit tertentu yang disebabkan oleh salmonella thypi.

2. Demam yang baru terjadi kurang dari atau sama dengan tiga (3) hari pasti bukan tifes. Kenapa saya katakan demikian? Karena pada penyakit tifes, demam yang timbul minimal 1 minggu dan untuk memastikan bahwa itu benar-benar tifes harus dievaluasi kembali ada atau tidak peningkatan titer-O pada minggu ketiga. Sehingga tidak mudah untuk membuktikan bahwa seseorang menderita tifes.

3. Pada demam yang terjadi kurang dari 3 hari atau kurang dari 1 minggu, agak sulit mengarahkan kepada diagnosis penyakit tertentu tanpa ada hasil pemeriksaan medis lainnya karena juga masih banyak kemungkinan penyakitnya seperti infeksi virus dengue, influenza, malaria dll.

4. Ejaan yang benar tentang penyakit tifes adalah "tifoid". Jadi bukan tifes, tipes atau tifus. Hehehe.

loading...

0 Response to "Demam Hari Ketiga Bukan Tifes"

Post a Comment

CaraMengatasi.net adalah blog yang memebahas Ragam Kehidupan dan Inspirasi, Disini Anda bebas bertanya maupun mengutarakan ide, gagasan, opini secara bebas yang tentu tidak termasuk dalam koridor Sara. Dilarang keras titip Link / URL hidup maupun berupa tulisan atau mempromosikan produknya.