loading...

Obat Herbal Tidak Aman

loading...

Daymail - Obat herbal tidak sepenuhnya aman. Ya...karena dinegara kita ini sudah kebanjiran produk herbal. Banyak produsen obat herbal yang dengan gampangnya membuat statement bahwa obat herbal lebih aman dari obat kimia. Obat kimia?? Ya...obat kimia seakan menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Karena "dianggap" membahayakan kesehatan.

Baiklah coba kita telisik kembali, sebenarnya apa itu obat kimia? Menurut saya, segala macam produk didunia ini tidak lepas dari unsur kimia. Contoh kecil air tersusun atas unsur H2O, garam dapur NaCl, dll. Maka dari itu bisa saya pastikan bahwa baik obat Herbal maupun obat-obatan medis, semuanya mengandung unsur kimia. Lantas bisakah kita menilai salah satu tersebut dianggap lebih aman?

Paracelsus yang dijuluki sebagai bapak toksikologi modern pada abad ke-15 mengatakan bahwa :

“All substances are poisons: there is none which is not a poison. The right dose differentiates a poison from a remedy.” 

Artinya bahwa semua zat yang ada didunia ini adalah racun. Yang membedakan mana yang aman dan yang tidak adalah kadarnya atau dosisnya.

Jadi statemen saya yang mengatakan "obat herbal tidak aman" sebenarnya sah saja, apabila dalam penggunaannya obat herbal melebihi dosis terapetik windownya atau dengan kata lain, melebihi ambang toleransi tubuh kita. Saya berani menjamin bahwa tidak ada satupun obat herbal yang benar-benar aman untuk dikonsumsi sebelum kita tahu kandungan zat aktifnya, dosisnya dan hasil penelitiannya. Sekian.
loading...

0 Response to "Obat Herbal Tidak Aman"

Post a Comment

CaraMengatasi.net adalah blog yang memebahas Ragam Kehidupan dan Inspirasi, Disini Anda bebas bertanya maupun mengutarakan ide, gagasan, opini secara bebas yang tentu tidak termasuk dalam koridor Sara. Dilarang keras titip Link / URL hidup maupun berupa tulisan atau mempromosikan produknya.